Telaga Madirda Karanganyar, telaga untuk upacara Melasti umat Hindu yang instagramable

Telaga Madirda Karanganyar - Ikan

Selepas mengunjungi Candi Sukuh dan menanti gerimis yang menghujam –tsaaah– reda, saya bareng rombongan lanjut pulang. Cuman… rasa penasaran sama tempat hits (kata temen) di instagram, jadilah temen ngajakin mampir. Padahal saya sendiri gak tau dan gak pernah denger ‘tempat hits’ yang dimaksud. Oh oke saya kurang hits 😀 . Baca lebih lanjut

Iklan

Candi Sukuh Karanganyar : Si Piramid dari Ngargoyoso

candi sukuh karanganyar

Masih edisi Karanganyar… setelah menapaki candi cetho, kabun teh kemuning, air terjun parang ijo, sekarang kita lanjut ke Candi Sukuh. Uuuu… candi lagi?! Iya iya gakpapa dong gakpapa. Wisata sejarah kita ya. Candi Sukuh, kembarannya candi Cetho nih. Piramid maya – nya meksiko ala Karanganyar, Jawa Tengah.

Berjalan menuju ke Candi Sukuh ini jalurnya lumayan curam, maklum candi ini berada diatas ketinggian, kaki Gn. Lawu. Baca lebih lanjut

The Lost Paradise, Air Terjun Jumog Karanganyar

IMG_4904

Bertolak dari Candi Sukuh, berjalan tidak lebih dari 10 menit –ditemani rerintik  hujan– kita sampai di Air Terjun Jumog. Satu dari sekian banyak air terjun yang udah cukup familiar di daerah Karanganyar. Jalan menuju lokasi parkir air terjun yang berlokasi di Ngargoyoso ini pun masih terbilang alami, diantara persawahan –aku pikir nyasar wkwk–. Bener-bener lost paradise. Gak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup 5ribu perak per kepala. Kan kan… murah kan. Lebih murah dari parkiran mobil di kota *lah.

Meskipun terletak (sedikit) terpencil, air terjun ini gak pernah sepi. Terkhusus dihari libur. Aah… air terjun memang Baca lebih lanjut

Air Terjun Parang Ijo Karanganyar di Tebing Hijau

DSC_0529

Keluar dari zona nyaman Candi Cetho dan megahnya Kebun Teh Kemuning kita beranjak ke wisata selanjutnya, Air Terjun Parang Ijo. Air terjun ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif selain Air Terjun Jumog dan Air Terjun Grojogan Sewu. Untuk kalian yang gak begitu suka trekking panjang atau berramai-ramai di lokasi wisata, tempat ini cocok untuk dijadikan pilihan. Di wisata air terjun parang ijo ini cukup dekat dengan Baca lebih lanjut